loading...
loading...

Mengenal apa itu irc dan cara menggunakan irc

Sudah sekian lama saya tidak update postingan lagi disebabkan ada kesibukan yang tidak bisa di tinggalkan begitu saja dan alhamdulillah kesibukan tersebut sudah bisa diatasi dan berbagi postingan pada hari ini juga. Nah pada kesempatan kali iini saya akan mencoba berbagi article tentang mengenal apa itu irc dan cara menggunakannya.
Foto : https://id.m.wikipedia.org/wiki/MIRC




Irc adalah kepanjangan dari internet relay chat yang artinya sebagai penghubung teman satu dengan teman yang lainnya bahkan dengan semua dunia untuk berbincang atau chatting. Irc dipopulerkan pada tahun 1995 oleh mardam bey dan terbukti sampai saat ini irc masi banyak yang menggunakannya.

Pada dasarnya irc tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya. Hanya saja irc tidak memiliki foto melainkan nickname. Nah sebagai contoh penampakan irc seperti pada gambar dibawah ini.


Nickname digunakan sebagai tanda pengenal user yang satu dengan user yang lainnya, agar nantinya bisa saling mengenal.


CARA MENGGUNAKAN IRC


Agar bisa terhubung dengan irc, ada salah satu aplikasi android yang anda bisa dapatkan diplay store secara gratis, aplikasi tersebut namanya AndChat. Mengapa harus AndChat? Karena menurut lingkarseo sendiri AndChat merupakan aplikasi irc yang sangat mudah digunakan. Untuk cara menyetel aplikasi andchat agar bisa terhubung maka lakukan tutorial berikut ini :

1. Pastikan anda sudah mendownload aplikasi andchat diplaystore
2. Buka aplikasi tersebut kemudian klik skip
3. Isikan data diri anda dengan cara klik menu lingkaran tambah pada bila kiri atas sebagai contoh pada gambar di bawah ini :


4. Isikan data yang sesuai dengan diri anda kemudian simpan dengan klik anapanah sebagai contoh pada gambar berikut :


5. Jika sudah disimpan maka lakukan connection, setelah itu agar bisa chat atau ngobrol dengan teman-teman lain maka masuk ke channel yang ada penghuninya sebagai contoh channel jakarta, maka anda cukup dengan mengetikkan /j #jakarta

Berikut beberapa server yang bisa anda pilih agar terhubung dengan irc. :

Irc.ayochat.or.id

Irc.dal.net

Irc.quakenet.org

Irc.allnetwork.org

dan gunakan port 6667


NB : tutorial ini menggunakan aplikasi AndChat yang hanya dipergunakan untuk hp android. Apabilah anda masih bingung untuk menggunakannya maka diwajibkan untuk bertanya di kolom komentar postingan ini.

Demikian article tentang mengenal apa itu irc dan bagaimana cara untuk menggunakannya, semoga bermanfat dan tentunya berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal apa itu irc dan cara menggunakan irc"