loading...
loading...

Cara membuat laman statis pada blog yang baik dan benar

Pada postingan kali ini, saya mencoba kembali menulis article tentang cara membuat laman statis pada blog yang baik dan benar, dengan tujuan semata-mata untuk membantu para bloggers lainnya, terutama yang baru berkicambung di dunia blog.!

Pada umumnya tutorial ini sudah banyak dibahas diforum-forum bahkan di blog-blog lainnya. Namun masih banyak lagi teman-teman bloggers yang kurang memahaminya, dengan sebuah alasan conten tidak memadai atau kurang dimengerti. Sehingga itu saya akan mencoba menjelaskannya dengan cara saya pribadi, dan semoga dengan penjelasan saya mengenai membuat laman statis ini pula kawan-kawan blogger dengan cepat memahaminya.

Sebelum saya menjelaskannya lebih lanjut, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu, apasih laman statis itu? Dan apasih fungsinya?

Halaman statis pada blog biasanya digunakan untuk membuat privacy policy, disclaimer, tentang saya, dan lain sebagainya. Dengan tujuan agar blog yang kita kelolah akan terlihat profesional dibandingkan dengan blog-blog lainnya. Inilah yang dinamakan laman statis beserta fungsinya.

BACA JUGA : Cara membuat Laman privacy policy

Nah untuk membuatnya sangat mudah, sama seperti menulis pada postingan atau isi blog. Hanya saja memiliki perbedaan dengan postingan yaitu ; laman secara deafult tidak ditampilkan dihalaman depan pada blog, laman tidak memiliki tanggal publish, arsip, label dan menggunakan permalink url yang menetap sebagai contoh :

http://blogsobat.blogspot.com/p/nama-laman.html

Sementara itu, pada post adalah kebalikan dari penjelasan diatas, dimana postingan ditampilkan secara deafult dihalam depan, memiliki tanggal publish, arsip, label, archive blog, dan menggunakan permalink yang tidak menetap sebagai contoh :

http://blogsobat.blogspot.com/tahun/bulan/nama-postingan.html

Berikut cara membuat laman statis yang baik dan benar :

1.) Masuk ke dashboard blogger sobat

2.) Pilih "LAMAN"


3.) Klik "laman baru" kemudian tentukan judul serta isi laman tersebut, sebagai contoh pada gambar dibawah ini.



4.) Jika sudah selesai maka  "publishkan"

Sampai disini sobat sudah bisa membuat laman statis, namun laman yang sobat buat tersebut belum sepenuhnya rampung atau secara tidak langsung belum bisa ditampilkan. Nah agar laman yang sobat buat tadi bisa ditampilkan dihalaman depan maka sobat lakukan dengan melakukan dua metode cara ini :

🔊 Metode edit template

Pada metode edit template ini, sobat hanya melakukan satu langkah untuk mengeditnya dengan mengganti alamat url blog sobat, dengan catatan template yang sobat edit adalah dari pihak ke 3 atau berbayar.

BACA JUGA : Cara mudah mengganti template di hp android


🔊 Metode pemanfaatan widget pada blog

Nah, pada metode ini juga tidak begitu rumit alias mudah-mudah saja, sama seperti memasang widget-widget lainnya. Agar laman statis bisa ditampilakan dihalaman depan blogg maka lakukan langkah berikut ini :

  1. Masuk ke dashboard blogger sobat
  2. Klik "TATA LETAK"
  3. Pada sidebar Tambahkan Gadget
  4. Pilih widget "Laman"
  5. Centang Laman yang ditampilkan dihalaman depan blog
  6. Selanjutnya jika semuanya sudah maka klik simpan
Nah, bagaimana sobat blogger cukup mudahkan? Semoga sangat-sangat mudah di mengerti dan di pahami penjelasannya. 

demikian article tentang cara membuat laman statis yang baik dan benar semoga bermanfaat dan tentunya bisa diamalkan kepada blogger-blogger lainnya. Semoga berhasil dan selamat ngeblog.! 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara membuat laman statis pada blog yang baik dan benar"

Umpan Ikan Mas Galatama said...

mantap dah artikelnya kawan

Tokoumpan.com said...

Nice | www.tokoumpan.com

Essen Ikan Nilem Barracuda said...

Terimakasih infonya,.